Strategi Komunikasi Pemasaran Promotion Mix dalam Upaya Sustainable Tourism di Desa Wisata Pulewulung, Yogyakarta



 
Oleh: Berlian Tahta Raudla

Promotion Mix adalah salah satu dari strategi komunikasi pemasaran yang tergolong sederhana dan banyak digunakan oleh masyarakat dalam memasarkan produk yang ditawarkannya. Bauran promosi ini juga disebut dengan 4P (product, price, place, promotion). Di Desa Wisata Pulewulung, Yogyakarta, bauran promosi digunakan dalam kegiatan pemasarannya dalam mengelola desa wisata. Namun, strategi promotion mix yang digunakan oleh desa ini masih sangat umum digunakan dan belum ada strategi khusus dari promotion mix yang dilakukan, di mana desa ini hanya berfokus pada media sosial dan penggunaannya pun belum efektif. 

 

Dalam menerapkan promotion mix, Desa Wisata Pulewulung hanya menerapkan tiga cara, yaitu direct marketing, public relations dan periklanan. Padahal, Desa Wisata Pulewulung ini dapat menerapkan komunikasi pariwisata dalam strateginya dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak agar dapat lebih memperkenalkan Desa Wisata Pulewulung. Apalagi didukung dengan sumber daya manusia yang kompeten di bidang pariwisata. 

 

Kemudian, untuk menerapkan sustainability tourism, Desa Wisata Pulewulung juga perlu bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman agar upaya sustainability tourism dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan aspek utama pembangunan pariwisata berkelanjutan, yaitu manajemen pengelolaan destinasi, pemanfaatan ekonomi, pelestarian sosial budaya, dan pelestarian lingkungan. Pengelolaan desa wisata juga harus mampu memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di sekitar sehingga menunjukkan bahwa hal tersebut sejalan dengan sustainable tourism. 

 

Dari jurnal ini, dapat diketahui bahwa upaya sustainability tourism yang dilakukan oleh Desa Wisata Pulewulung dengan strategi komunikasi pemasaran promotion mix belum maksimal. Dibutuhkan inovasi lebih lanjut dengan memperhatikan promotion mix yang digunakan, terutama dalam memanfaatkan ragam media dalam melaksanakan komunikasi pemasaran pariwisata untuk memperluas promosi desa wisata. Selain itu, Desa Wisata Pulewulung ini juga dapat memperluas kerjasama dengan berbagai pihak, seperti travel agent atau dengan hotel-hotel di sekitar desa maupun hotel yang ada di Yogyakarta. 

 

Kemudian, Desa Wisata Pulewulung ini juga dapat menerapkan komunikasi pariwisata dengan memperhatikan bagaimana manajemen destinasi wisata, komunikasi visual pariwisata, komunikasi online pariwisata, komunikasi transportasi pariwisata, komunikasi kelompok pariwisata, serta public relations karena kegiatan komunikasi pariwisata tersebut dapat membantu penyebaran pesan-pesan komunikatif dari pengelola usaha pariwisata kepada pengunjung dan calon pengunjung. Sehingga, keberhasilan strategi yang telah disusun membawa keuntungan bagi organisasi untuk meningkatkan pendapatan dan kepercayaan masyarakat sebagai wisatawan. 

 

Sumber: 
Putri, Nabila Diandra., Ardhanariswari, Kartika Ayu. (2020). Sinergitas Marketing dan Promotional Mix dalam Konsep Sustainable Tourism sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 18(1). April 2020. Hlm. 85-94. 

Posting Komentar

0 Komentar