Inovasi Pengabdian Masyarakat Sebagai Implementasi MBKM Pada Seminar Nasional Pepadu IV 2022 di Universitas Mataram


Mataram, Desawarnana - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM-PMDDTT) turut hadir dalam Seminar Nasional Pepadu VI 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Mataram selama dua hari yaitu pada 25-26 Oktober 2022 di Golden Palace Hotel, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Acara seminar nasional ini mengangkat tema mengenai inovasi pengabdian kepada masyarakat sebagai Implementasi MBKM dengan Semangat Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

 

Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd selaku Kepala BPSDM-PMDDTT, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D selaku Rektor Universitas Mataram, Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto dari Universitas Bhayangkara Jakarta, Prof. Ir. Yusuf Akhyar Sutaryono, Ph.D dan seluruh peserta seminar yang hadir secara daring maupun luring.

 

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Mataram ini mengangkat 8 (delapan) topik yang meliputi penerapan merdeka belajar, pengembangan pariwisata, peningkatan kesejahteraan masyarakat, penerapan teknologi tepat guna, pelestarian lingkungan hidup, mitigasi dan adaptasi bencana, kedokteran dan Kesehatan masyarakat serta pengabdian multidisiplin.

 

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd menyampaikan bahwa acara ini diharapkan dapat mendukung berjalannya program MBKM untuk mendukung kemampuan mahasiswa dalam mengeksplorasi minat di luar kampus sekaligus sebagai bagian dari penilaian SKS yang ditempuh di perkuliahan dengan melakukan pengabdian di lingkungan masyarakat. Di tahun ini, Kementerian Desa-PDTT membersamai Universitas Mataram untuk melaksanakan Semnas Pepadu IV yang mengangkat tema Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk implementasi MBKM.

 

Terlaksananya acara seminar nasional ini diharapkan mampu menciptakan inovasi pengabdian ke masyarakat untuk penerapan MBKM ke depannya dan terus dilaksanakan setiap tahunnya dengan berbagai peningkatan untuk menunjang keberlangsungan program MBKM.

Posting Komentar

0 Komentar