FGD Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa, Kemendesa PDTT Gandeng Universitas Negeri Semarang dan Pemkab Setempat


Semarang, Desawarnana – Dalam rangka meningkatkan kualitas perangkat desa dan memperluas program RPL Desa, Kementerian Desa PDTT rencanakan kerja sama dengan Universitas Negeri Semarang dan pemerintah kota/kabupaten setempat. Aktualisasi dari rencana kerja sama tersebut dengan diselenggarakannya Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) dengan tema Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Perangkat Desa yang diselenggarakan di Ruang Senat Universitas Negeri Semarang, Gedung Rektorat (H) lantai 4 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang (12/9/22).

 


Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Dr. (HC) Drs. Abdul Halim Iskandar, M.Pd, dan rombongan disambut oleh Rektor Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Sebelum menjadi pembicara kunci Gus Menteri mengunjungi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Semarang yang memamerkan berbagai produk karya civitas akademika UNNES. Selain itu, Gus Menteri mengunjungi perpustakaan dan mempraktekkan secara langsung teknologi canggih yang diterapkan dalam proses pinjam dan pengembalian buku. 

 

Gus Menteri menjadi pembicara kunci dalam FGD RPL Desa. Dihadapan para civitas akademika Universitas Negeri Semarang, Bupati Blora, Bupati Tegal dan Wakil Bupati Semarang serta seluruh rombongan yang hadir, Gus Menteri menyampaikan pentingnya program RPL Desa dalam meningkatkan kualitas SDM Desa.

 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., menjelaskan teknis pelaksanaan program RPL Desa dan menyampaikan latar belakang pendidikan para perangkat desa dan tenaga pendamping professional. “Program RPL Desa bukanlah cara mudah, melainkan cara lain dalam mendapatkan ijazah.” Ungkap Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

 

Di samping itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt, menyampaikan bahwa Universitas Negeri Semarang telah melaksanakan program RPL, sehingga bisa menjadi salah satu mitra Kementerian Desa PDTT dalam meningkatkan kualitas perangkat desa. Demikian juga Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si dan Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah mendorong para perangkat desa di wilayahnya masing-masing agar pembangunan desa semakin inovatif.

Posting Komentar

0 Komentar