Bimbingan Teknis Transformasi Digital Optimalisasi E-Commerce dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi


Jakarta, Desawarnana – Dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN di Lingkungan BPSDM Kemendesa PDTT dalam pemberdayaan masyarakat, diselenggarakan bimbingan teknis transformasi digital optimalisasi E-Commerce pada 13-15 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid yang diikuti oleh perwakilan pusat dan balai besar/balai di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. 

 

Bimtek ini menghadirkan narasumber yang telah berpengalaman di bidangnya masing-masing. Peserta akan menerima beberapa materi, yaitu: 1) Karakteristik Platform E-Commerce, 2) Fotografi Produk, 3) Desain Grafis Produk, 4) Copywriting Produk, dan 5) Pengelolaan E-Commerce. Di hari terakhir peserta akan memaparkan rencana tidak lanjut.

 

Bimbingan teknis ini dilatarbelakangi bahwa setiap desa, daerah tertinggal, dan kawasan transmigrasi memiliki ciri khas potensi masing-masing. Hal ini menjadi diversifikasi produk nasional yang dapat diandalkan jika dikelola secara optimal melalui peran masyarakat dan dukungan negara, dalam hal ini Kementerian Desa, PDTT. Proses hulu-hilir, dari produksi, pembiayaan, dan pemasaran menjadi pokok utama kendala yang perlu dipecahkan.

 

Saat ini platform digital menjadi alat utama pemasaran produk-produk unggulan BUM desa menjadi sebuah syarat untuk bisa tampil secara luas. Perlu pemahaman dan keterampilan dalam memilih dan menentukan platform sosial media dan e-commerce yang tepat. Dengan kekhususan bidang kerja dari masing-masing balai besar/balai, maka perlu untuk melakukan deep analysis dalam menentukan saluran digital terbaik, membuat isi atau konten yang kreatif untuk delivery pesan dari produk yang dipasarkan, dan pola-pola komunikasi visual by design untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk-produk yang dipasarkan. 

Posting Komentar

0 Komentar