Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) BPSDM-PMDDTT dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

 

Yogyakarta, Desawarnana  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM) menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (12/8/22). Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama ini sebagai tindak lanjut dari kesepahaman bersama antara Kementerian Desa PDTT dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa berkenaan dengan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat desa, daerah tertinggal dan transmigrasi. Penandatanganan dilaksanakan di Ruang Sidang Senat Gedung Pusat Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.

 

Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama ini dihadiri oleh kedua belah pihak. Dari pihak Kementerian Desa PDTT hadir dalam kegiatan ini Kepala BPSDM-PMDDTT, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd, Kepala Balai Besar PPMDDTT Yogyakarta, Dr. Ir. Widaryanto, M.M, Koordinator Hukum, Ortala dan Reformasi Birokrasi BPSDM-PMDDTT, Teuku Elwin Hamzah, S.H. serta para Penggerak Swadaya Masyarakat. Sementara itu dari pihak Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa hadir Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Prof. Dr. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. bersama jajarannya, Kepala LPU, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, Dekan FE, Dr. Suyanto, Kepala LP2M, Dekan FKIP, FT, FP, FPsi dan jajarannya, serta para Kaprodi.

 

Rektor Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Prof. Dr. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D. menyampaikan bahwa telah menandatangani MoU dengan Kementerian Desa PDTT. Dalam pengantarnya Rektor UST menyambut baik agenda penandatanganan PKB ini dan berharap agar fakultas-fakultas yang lain mengikutinya.

 

Sementara itu Kepala BPSDM-PMDDTT, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., dalam sambutannya mengutip Bung Hatta, “Indonesia tidak akan bercahaya dengan hanya obor besar di Jakarta, tetapi Indonesia akan bersinar karena lilin-lilin di desa.” Hal ini menunjukkan betapa penting desa sebagai parameter kemajuan bangsa. Agenda penandatanganan ini menjadi upaya bersama dalam mengayomi desa.

 

“Kementerian Desa PDTT memiliki target-target kerja yang dituangkan dalam 18 poin SDGs Desa. UST dengan Balai Besar PPMDDTT Yogyakarta selaku unit pelaksana teknis Perjanjian Kerja Bersama ini dapat berkoordinasi terkait target kerja yang bisa dicapai. Kolaborasi dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai contoh kegiatan yang telah dilaksanakan balai besar/balai. Selain itu juga dalam Rekognisi Pembelajan Lampau (RPL) dengan dosen tamu dari Kementerian Desa PDTT.” Tutup Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd.

Posting Komentar

0 Komentar